20 tips menjadi desainer grafis profesional

malam ini saya tidak akan berbagi tutorial desain tapi kali ini saya akan berbagi beberapa tips seputar desain. layaknya semua bidang pekerjaan yang telah di geluti semua orang dan sekarang mereka menjadi orang yang sukses di bidangnya. semua yang mereka dapat sekarang adalah melalui proses belajar, karena semua ini tak ada yang instan kawan. 

Mie Instan  yang mengaku ngaku menjadi instan ternyata untuk menikmatinya juga memerlukan waktu yang cukup rumit, ya walaupun tak serumit untuk menikmati Tempe Goreng,, hehe.. 

di mulai dari kita membuat air panas, kemudian kita buka semua kemasan Mie tersebut, kemudian kita masih harus merebus Mie tersebut dalam beberapa menit, kalaupun sudah mekar, anda masih harus mencampurnya lagi dengan Bumbu-bumbu yang sudah di siapkan dan anda baru bisa menikmatinya setelah beberapa proses yang di atas. hehe jadi tutorial masak 

begitupun dengan menjadi seorang desainer kawan, kita juga harus melewati proses yang panjang, belajar  desainer dan pengalaman desain, dua hal tersebut adalah kunci yang menurut saya sanagat penting  harus di jalani semua orang desainer,

apa masksudnya belajar desainer ? sentah apa yang sekarang ilmu desain yang kamu gemari Corel Draw atu Adobe illustrator untuk mengoperasikan dua software desain ini tentunya bukan sebuh sulapan yang begitu saja anda menjadi bisa mengopersikanya, anda bisa memperjarinya melaui sekolah, buku, internet, temen dekat,video streaming. dan masih banyak lagi mendia yang bisa kamu gunakan untuk belajar desain.,

Pengalaman desain setelah anda mempejari sebuah software desain seperti Corel Draw dan tool desain yang ada di dalamanya. saya tidak menjamin kalau hasil desain kamu akan bisa di terima oleh masyarakat atau temen kamu yang minta di biatkan desain. anda harus selalu mengulang pengalaman desain anda degan membuat eksperimen2 desain.


seidikit mukhodhimah untuk memulai 
20 tips menjadi desainer grafis profesional 
dan semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat untuk kamu desainer pemula yang ingin menjdi desainer profesional.


1. Niat dan kemauan


"segala hal itu  harus di awali dengan sebuah nit, niat ini sebenernya fleksibel untul kamu yang mau menjadi desainer Prefesional bikin sebuah alasan yang jelas kenapa kamu harus menjadi desainer Profesional, dan bidik Visi Misi mu menajadi seorang desainer Pemula yang akan menjadi profesional.

2. mempunyai Visi


"visi ini sangat penting dan harus dimiliki oleh seorang desainer, bukan hanya sebuah perusahaan yang mempunyai  Visi tapi pribadi kita juga  harus memiliki Visi, jadi visi ini akan menjadi landasan dan Roket pendorong kamu sehingga kamu menjadi desainer Grafis Profesional. contoh visi seorang desainer adalah," Menjadi desainer grafis profesional yang meajdi kiblat desainer". kelihatanya hal yang sangat mustahil. tapi saya tekankan.,,. Tidak ada yang mustahil jika semua di barengi niat dan  Usaha.


3. mempunyai Misi


"layaknya sebuah perusahaan, Sebuah visi  tidak akan pernah bergerak tanpa adanya sebuah misi. berjalalanya sebuah Visi itu karena adanya sebuah misi, layaknya sebuah Kaki, misi di jadikan sebagi langkah yang harus kamu lakukan.


3. ikuti sekolah Formal


"pendidikan formal adalah melalui sebuah sekolah, sekarang sudah banyak jurusan yang bisa kamu ikuti utuk meningkatkan kemampuan desain kamu, seperti Multi Media, Brodgesting, dan lain2.


4. kursus Desain Grafis

"hal ini bisa dilakukan semua oraang jika memang di perlukan, tp kalu serang anda sudah mengambil jurusan desain  sebaiknya Ikut kursus desain ini di hindari  karena akan menghabiskan waktu dan biaya anda. lebih baik anda melakukan percobaan atau eksperimen desain kamu, karen yang membuat karya seorang itu menarik adalah Pengalaman desain.

5.  Ikuti seminar


Selain belajar dari buku atau blog orang lain, sangat disarankan bagi kamu untuk sesekali ikuti seminar mengenai desain.  Kamu pasti akan belajar satu atau dua pelajaran baru dari seminar itu.


6.   Silaturohmi Desainer Grafis Lainnya


Tidak cukup dengan mengikuti komunitas desain, dengan menghadiri seminar seperti yang dikatakan sebelumnya, relasimu pasti akan bertambah. Kamu pasti akan bertemu dengan desainer grafis lainnya. Cobalah saling berkenalan dan bertukar social media yang kalian miliki. Dengan memiliki jaringan yang luas, tentu akan meningkatkan keterampilan yang kamu miliki.


7.  Ambillah Kelas Desain

Banyak perguruan tinggi setempat memungkinkan kamu untuk mengikuti kelas tanpa belajar penuh waktu atau bahkan dengan waktu yang lama. Seperti IDS | International Design School yang memiliki College Program Digital Design yang hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun yang akan mengantarmu menjadi seorang desainer profesional yang siap berkarya di industri.

8.  Wawancara Desainer Grafis Lainnya

Setelah mendapatkan kontak desainer grafis lain, wawancara mereka secara tidak langsung. Ajak ngobrol orang yang kamu temui. Kamu pasti akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan.

9.  Lakukan Perjalanan

Jika kamu memiliki dana dan waktu, lakukanlah perjalanan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Kamu akan menemukan hal baru dan belajar banyak dari perjalananmu. Kamu akan melihat budaya baru dan karya seni yang baru. Hal itu akan membuka pikiranmu tentang dunia luar. Wah!

10.  Belajar Hal Baru

Menjadi desainer grafis yang baik memang tidak mudah. Banyak usaha yang harus dilakukan dan jangan berhenti belajar! Dengan terus belajar dan mempelajari hal baru, tanpa kamu sadari kemampuanmu akan terus meningkat.

11.  Ambillah Buku Sketsa



Buku sketsa akan membantu kamu bekerja melalui ide-ide dengan cepat dan tanpa keterbatasan software desain. Dan tentunya, dengan buku sketsa kamu dapat menggambarkan ide di mana pun kamu berada.

12.  Menjadi Kolektor

Jika kamu yang ingin meningkatkan kemampuan sebagai desainer grafis, pekalah terhadap sekitar. Jika di jalan kamu melihat sebuah desain yang menginspirasi kamu, bawalah pulang. Kumpulkan brosur atau poster yang kamu miliki ke dalam file. Jadi, ketika kamu mengalami kebuntuan, kamu bisa membuka file untuk mencari inspirasi.

13. Beli Buku

Nah, ini menjadi salah satu hal terpenting. Memang benar adanya jika buku adalah jendela dunia. Tak hanya mengoleksi brosur atau poster, kamu juga harus mengoleksi buku mengenai desain. Biasakanlah dalam satu bulan, kamu membaca satu buku yang berkaitan dengan desain. Semakin menambah referensi kamu, tuh.

14. Baca Blog Desain

Zaman sekarang, tidak hanya buku yang dapat menambah wawasan kita, web atau blog orang yang tidak kita kenal pun bisa menjadi sumber informasi yang baik. Jangan malu untuk belajar dari orang. Bacalah blog mereka yang berkaitan dengan desain dan keruk semua informasi yang ada. Baca website http://teknikkombsi.blogspot.com  ini juga bisa .hihi

15. Buatlah Blog Desain

Sudah membaca blog orang? Sekarang waktunya untuk kamu membuat blog desain sendiri. Selain membuat kamu lebih analitis dalam pekerjaan, di sanalah tempat orang lain melihat portfoliomu. Bisa saja bukan, sebuah perusahaan tertarik dengan hasil karyamu?

16.  Bergabung dengan Komunitas Desain

Jika kamu desainer grafis freelance, sudah harga mutlak untuk bergabung dengan komunitas desain. Kamu akan selalu up to date dalam dunia desain, bagus untuk umpan balik dan kritik, serta tidak menutup kemungkinan bukan jika kamu mendapatkan informasi kerjaan? Hmm…

17. Ambil foto!


Tak harus dengan kamera bagus, kamu juga bisa menggunakan kamera handphone untuk sekadar memotret objek yang menginspirasi kamu. Seperti bangunan, tekstur, atau bahkan bayangan. Sangat menambah referensi kamu, Designer!

18. Buatlah eksperimen desain

Untuk menambah portfolio kamu, buatlah proyek palsu seperti menciptakan merek palsu untuk sebuah perusahaan. Membuat desain logo, brosur, ataupun website tentu akan membuat kreativitas kamu bekerja tanpa keterbatasan.

19.  Re-design teman

Tidak ingin menciptakan merek palsu untuk desain? Cobalah mendesain ulang proyek orang lain. Dengan hal ini, kamu bisa mengevaluasi kesalahan mereka dan apa yang bisa kamu lakukan agar terlihat lebih baik.

20. Re-design karya sendiri


Seburuk-buruknya karya yang kamu buat, jangan pernah dihapus. Karena suatu saat, bisa jadi kamu akan membuat ulang desain lama yang kamu anggap buruk. Dari sana kamu akan belajar dan menyadari betapa minimnya ilmu atau banyaknya kesalahan desain-desain lama kamu. Tak perlu malu memiliki karya yang kamu anggap buruk, karena dari sanalah kamu akan belajar dan jika kamu bisa me-redesign lebih baik, berarti kemampuan kamu terbukti bertambah.

mungkin sementara itu saja yang bisa saya bagikan tentang 
20 tips menjadi desainer grafis profesional 
disini semoga bisa menjadi referensi untuk menajdi desainer Profesional. saya berharap indonesia akaan meiliki desainer grafis Profesional dengan Corel Draw ataupun dengan Adobe Illustrator.


beca selanjutnya : dasar dasar Corel Draw untuk pemula mahir dalam sekejap,

0 Response to "20 tips menjadi desainer grafis profesional"

Post a Comment