Sunday, October 4, 2015

(1215) modul lengkap Standar IEEE 802.4 token bus

"Bismillah "
selamat pagi, siang , sore, dan selamat malam sahabatku di manapun  anda berada yang sekarang sedang membuka wab blog http://teknikkombsi.blogspot.com saya harapkan dalam keadaan sehat dan bersemangat untuk terus belajar. 

Dalam postingan sebelumnya kita telah belajar tentang ilmu desain  , diman saya menjelaskan sedikit tutorial desain menggunakan CorelDraw. tapi dalam artikel ini saya akan sedikit merubah arah pembelajaran kita"supaya ngak bosen " heheh. sesuai dengan judul postingan saya, "modul lengkap Standar IEEE 802.4 token bus " berarti kita akan mengupas tuntas tentang jaringan komputer kususnya Standar IEEE 802.4 token bus . salah satu alasan saya memosting artikel ini adalah untuk memenuhi tugas dari dosen saya yang mempunyai E-mail bonazen13@gmail.com heheh.. semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi temen-temen semuanya dan juga bisa meanaikkan nilai "tugas" saya .. heheh.

oke sebelum kita berlari pada pokok pembahasan ane mau sedikit ngasih penjelsan nih 

Apa itu IEEE ?


    Penjelasan ini saya kutip langsung dari Wikepedia dan hasilnya sebagai berikut

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi yang mengurusi masalah pengembangan teknologi yang berhubungan dengan keteknikan elektro dan elektronika. IEEE terdiri dari berbagai ahli di bidang teknik yang menawarkan berbagai pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika. Aktivitasnya mencakup beberapa panitia pembuat standar, publikasi terhadap standar-standar teknik, serta mengadakan konferensi. IEEE mempunyai banyak jenis tapi dalam arikel ini saya hanya akan membahas Standar IEEE 802.4 token bus untuk jenis yang lain akan saya posting di kesempatan yang akan datang.

 Standar IEEE 802.4 token bus



     Setelah temen-temen baca penjelasan IEEE yang di atas, untuk selanjutnya saya akan lebih fokus untuk menjabarkan IEEE 802.4 token bus . Token Bus adalah jaringan komputer yang menggunakantoken ring virtual dalam suatu kabel koaxial. Sebuah token yang dikirimkan secara beranting dan bergantian dalam jaringan itu dipakai untuk menandaikomputer mana yang berhak untuk mengirimkan paket data. Masing-masing komputer ([[node]]) harus tahu alamat dari node sebelahnya yang akan mendapat giliran dalam pengiriman data. Jika node tersebut tidak mempunyai data untuk dikirim, maka token akan dikirimkan langsung ke node di sebelahnya.  Jenis protokol token bus dengan standar IEEE 802.4 banyak dipakai dalam aplikasi industriseperti pabrik mobil GM (General Motors) melalui sistemManufacturing Automation Protocol (MAP) nya. Sistem protokol token bus yang termodifikasi bisa dipakai dalam jaringan FMS (Flexible Manufacturing System) .


Tiga Ciri-ciri Token Bus



  • secara fisik maupun logical dengan menggunakan kabel coaxial maupun serat optik serta metode akses media token passing.
  • Sebuah token yang dikirimkan secara beranting dan bergantian dalam jaringan itu dipakai untuk menandai komputer mana yang berhak untuk mengirimkan paket data.
  • Masing-masing komputer (node) harus tahu alamat dari node sebelahnya yang akan mendapat giliran dalam pengiriman data. Jika node tersebut tidak mempunyai data untuk dikirim, maka token akan dikirimkan langsung ke node di sebelahnya.

Tiga Kelebihan Token Bus
  • Hemat kabel
  • Layout kabel sederhana
  • Mudah dikembangkan
Empat Kekurangan Token Bus
  • Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
  • Kepadatan lalu lintas
  • Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
  • Diperlukan repeater untuk jarak jauh

baca juga >>>
Token Bus MAC protokol lapisan

Bagikan

Jangan lewatkan

(1215) modul lengkap Standar IEEE 802.4 token bus
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

loading...