Thursday, March 5, 2015

tutorial mencetak atau print lembar kerja MS. EXCEL 2010 dengan mudah

Secara default, Microsoft Excel mencetak lembar kerja dalam orientasi portrait (lebih tinggi dari lebar). Anda dapat mengubah orientasi halaman untuk landscape (lebih luas daripada tinggi) pada lembar kerja demi lembar kerja secara. Jika Anda selalu ingin mencetak lembar kerja dalam orientasi landscape, Anda dapat membuat template,
 engubah orientasi halaman dari portrait ke landscape, dan kemudian menggunakan template yang sebagai dasar untuk semua buku kerja masa depan.

CATATAN
 Karena Anda dapat mengatur orientasi halaman pada lembar kerja demi lembar dasar, adalah mungkin
untuk mencetak beberapa lembar kerja di buku kerja dalam satu orientasi (seperti orientasi portrait) dan lembar
kerja lainnya dalam buku kerja yang sama dalam orientasi yang berlavvanan (seperti lanskap orientasi). Sederhana set
orientasi untuk setiap lembar kerja yang sesuai, dan kemudian mencetak seluruh buku kerja .

APA YANG KITA KERJAKAN ?
❖ Mengubah orientasi halaman pada lembar kerja
❖ Mengubah orientasi halaman ketika Anda siap untuk mencetak
Membuat template yang menggunakan orientasi landscape secara default


Mengubah orientasi halaman pada lembar kerja

  1. Pilih worksheet atau lembar kerja yang Anda ingin mengubah orientasi.
    Cara memilih lembar kerja
    Untuk memilih
    Lakukan ini
    Satu lembar
    Klik tab sheet.
    Tab lembar aktif
    Jika Anda tidak melihat tab yang Anda inginkan, klik tab bergulir tombol untuk menampilkan tab, dan kemudian klik tab.
    Tab bergulir tombol
    Dua atau lebih lembar yang berdekatan
    Klik tab untuk lembar pertama. Kemudian menekan SHIFT saat Anda klik tab untuk lembar terakhir yang ingin Anda pilih.
    Dua atau lebih lembar nonadjacent
    Klik tab untuk lembar pertama. Kemudian menekan CTRL saat Anda mengeklik tab lembar lain yang ingin anda pilih.
    Semua lembar di buku kerja
    Klik kanan tab lembar, dan kemudian klik Pilih Semua Sheets pada menu jalan pintas.
    Tip     Ketika beberapa lembar yang dipilih, [Grup] muncul di bar judul di bagian atas lembar kerja. Untuk membatalkan pemilihan beberapa worksheet dalam workbook, klik setiap worksheet tidak dipilih. Jika tidak ada lembar yang tidak dipilih terlihat, klik kanan tab lembar dipilih, kemudian klik Ungroup Sheets pada menu jalan pintas.
  2. Pada Page Layout tab, dalam Page Setup group, klik Orientasi , dan kemudian klik Portrait atau Landscape.
    Excel Ribbon Gambar
    CATATAN   Jika Anda tidak memiliki printer set up, Orientasi pilihan akan tampak redup, dan Anda tidak akan dapat memilihnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menyiapkan printer. Opsi ini juga tampak redup ketika Anda berada dalam proses mengedit isi sel. Untuk mengatasi hal ini, tekan ENTER untuk menerima perubahan atau ESC untuk membatalkan perubahan.
    TIP   Untuk melihat batas-batas halaman yang dicetak lebih jelas, Anda dapat bekerja dalam Page Layoutview ( Lihat tab, Workbook Views kelompok).

Mengubah orientasi halaman ketika Anda siap untuk mencetak

  1. Pilih data worksheet, lembar kerja, atau lembar kerja yang akan dicetak.
  2. Klik Berkas tab.
  3. Klik Print .
    • Keyboard shortcut     Anda juga dapat menekan CTRL + P.
  4. Dalam Halaman Orientasi kotak drop-down, di bawah Pengaturan , klik Portrait Orientasi atau Landscape Orientasi .
  5. Bila Anda siap untuk mencetak, klik Print .


Membuat template yang menggunakan orientasi landscape secara default

Untuk menghemat waktu, Anda dapat menyimpan buku kerja dikonfigurasi untuk mencetak dalam orientasi landscape sebagai template. Anda kemudian dapat menggunakan template ini untuk membuat workbook lainnya.

Buat template

  1. Buat buku kerja baru.
  2. Pilih worksheet atau lembar kerja yang Anda ingin mengubah orientasi.
    Cara memilih lembar kerja
    Untuk memilih
    Lakukan ini
    Satu lembar
    Klik tab sheet.
    Tab lembar aktif
    Jika Anda tidak melihat tab yang Anda inginkan, klik tab bergulir tombol untuk menampilkan tab, dan kemudian klik tab.
    Tab bergulir tombol
    Dua atau lebih lembar yang berdekatan
    Klik tab untuk lembar pertama. Kemudian menekan SHIFT saat Anda klik tab untuk lembar terakhir yang ingin Anda pilih.
    Dua atau lebih lembar nonadjacent
    Klik tab untuk lembar pertama. Kemudian menekan CTRL saat Anda mengeklik tab lembar lain yang ingin anda pilih.
    Semua lembar di buku kerja
    Klik kanan tab lembar, dan kemudian klik Pilih Semua Sheets pada menu jalan pintas.
    Tip     Ketika beberapa lembar yang dipilih, [Grup] muncul di bar judul di bagian atas lembar kerja. Untuk membatalkan pemilihan beberapa worksheet dalam workbook, klik setiap worksheet tidak dipilih. Jika tidak ada lembar yang tidak dipilih terlihat, klik kanan tab lembar dipilih, kemudian klik Ungroup Sheets pada menu jalan pintas.
  3. Pada Page Layout tab, dalam Page Setup group, klik Orientasi , dan kemudian klik Landscape .
    Excel Ribbon Gambar
    CATATAN   Jika Anda tidak memiliki printer set up, Orientasi pilihan akan tampak redup, dan Anda tidak akan dapat memilihnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menyiapkan printer. Opsi ini juga tampak redup ketika Anda berada dalam proses mengedit isi sel. Untuk mengatasi hal ini, tekan ENTER untuk menerima perubahan atau ESC untuk membatalkan perubahan.
  4. Membuat kustomisasi lain yang Anda ingin buku kerja.
    TIP   Jika Anda ingin menyesuaikan sejumlah lembar kerja sekaligus, Anda dapat sementara kelompok lembar kerja, membuat perubahan, dan kemudian ungroup mereka. Untuk kelompok lembar kerja, klik kanan tab setiap di bagian bawah lembar kerja. Pada menu shortcut, klik Pilih Semua Sheets . Di bar judul, Anda akan melihat nama buku kerja yang diikuti oleh kata [Grup] . Kemudian, mengubah orientasi menjadi landscape atau membuat kustomisasi lain yang Anda inginkan. Untuk mematikan pengelompokan, klik kanan tab, dan kemudian klik Ungroup Sheets (atau klik tab worksheet lain). Jangan lupa untuk ungroup lembar kerja. Ketika lembar kerja dikelompokkan, apa pun yang Anda lakukan untuk satu lembar kerja mempengaruhi semua lembar kerja lain, yang mungkin bukan apa yang Anda inginkan.
  5. Klik Berkas tab.
  6. Klik Save As .
  7. Dalam Nama file kotak, ketik nama yang ingin Anda gunakan untuk template.
  8. Dalam Simpan sebagai jenis kotak, klik Excel Template (* .xltx) , atau klik Excel Macro-Enabled Template (* .xltm) jika buku kerja berisi makro yang ingin Anda untuk membuat tersedia dalam template.
  9. Klik Simpan .
    Template secara otomatis ditempatkan dalam folder Template.
    TIP   Jika Anda menyalin buku kerja Excel ke dalam folder Template, Anda dapat menggunakan buku kerja sebagai template tanpa menyimpannya dalam format file template (.xltx atau .xltm). Pada Windows Vista, folder Template biasanya C: \ Users \ <nama Anda> \ AppData \ Roaming \ Microsoft \ Templates. Pada Microsoft Windows XP, folder Template biasanya C: \ Documents and Settings \ <nama Anda> \ Application Data \ Microsoft \ Templates.
  10. Untuk menggunakan template untuk membuat workbook baru, lakukan hal berikut:
    1. Klik Berkas tab.
    2. Klik New .
    3. Di bawah Template Tersedia , klik Template saya .
    4. Dalam New kotak dialog, klik dua kali template yang baru saja Anda buat.
      Excel menciptakan buku kerja baru yang didasarkan pada template Anda.
  11. DEMIKIAN SEDIKIT KULASN TENTANG tutorial mencetak atau print lembar kerja MS. EXCEL 2010 dengan mudah

Bagikan

Jangan lewatkan

tutorial mencetak atau print lembar kerja MS. EXCEL 2010 dengan mudah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

loading...