DESAIN LINE FOLLOWER BSI

Line Follower Robot adalah sebuah alat yang dapat berjalan secara otomatis mengikuti garis  berdasarkan perubahan warna pada garis baik hitam dan putih. Hasil dari perubahan warna tersebut menyebabkan nilai pada photo diode berubah sehingga menyebabkan nilai yang masuk ke dalam port ADC pada mikrokontroller berubah, dan nilai ADC tersebut yang akan kita oleh menjadi sebuah input.
Line Follower ini mempunyai dua buah motor DC 6 Volt yang dapat digerakkan maju dan mundur dengan menggunakan driver motor L293D, saat sensor mendeteksi adanya garis hitam ditengah dari wilayah sensor maka kedua motor akan berjalan searah jarum jam sehingga robot maju, dan ketika sensor mendeteksi adanya garis hitam dipinggir wilayah sensor maka  salah satu motor akan berputar searah jarum jam dan yang satu berlawanan arah jarum jam sehingga robot akan bergerak ke arah kanan atau kiri. Dan ketika sensor tidak mendeteksi adanya garis pada wilayah sensor maka robot akan berjalan mundur.

            Robot ini dapat dikembangkan lagi menjadi sebuah aplikasi yang berguna baik di masyarakat maupun di industri, contohnya sebagai sebuah alat pengantar barang secara otomatis atau terprogram.
NAH BERIKUT ADALAH DESAIN LINE FOLLOWER BSI (BINA SARAN INFORMATIKA)


1.1       ATMEGA 16

ATMEGA 16  adalah IC low-power  yang dibuat berdasarkan arsitektur dari RISC. Dengan memberikan perintah yang tepat dalam satu single clock cycle,  ATMEGA 16 dapat merespon perintah tersebut 1 MIPS per MHz untuk mengoptimalkan konsumsi tegangan.
Gambar 1.2 Pin Out dari ATMEGA 16

IC ATMEGA 16 mempunyai empat buah port. Port A sebagai inputan pngonversi dari sinyal analog menjadi sinyal digital. Port B dapat difungsikan sebagai port download dan upload program. Port C sebagai port I/O biasa. Dan port D dapat digunakan sebagai port komunikasi serial.
Minimum sistem pada robot ini kita menggunakan dua buah port yaitu port A sebagai input, dan port C sebagai ouput. Setiap port pada minimum sistem di robot telah kita lengkapi dengan pin Vcc, dan pin Ground pada pin 8 dan pin 9.

2.2.1     Minimum System
Gambar 2.2 Minimum system ATMEGA 16 pada Line Follower

Minimum sistem merupakan bagian utama dari robot ini, dimana pada bagian ini digunakan untuk meletakkan semua komponen dari mikrokontroller baik ATMEGA 16, port I/O, supply utama, dan lain – lain.

MOTOTR
Motor yang kita gunakan disini adalah motor DC 6 Volt, tepatnya motor untuk pemutar kaset, motor ini dapat dibeli ditoko elektronik terdekat. Kelemahan dari motor ini adalah tidak mempunyai torsi yang cukup besar untuk menahan beban, walaupun mempunyai kecepatan yang cukup baik.


















5 Responses to "DESAIN LINE FOLLOWER BSI"

  1. gan tlong dong krimin layout sensor buat lfr. soalnye ane kmarin bkinnya gagal. bleh mnta layout sensor rnya buat belajar d rmah . d email ini gan ramadhanokamel@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Gan tolong dong kirim layout buat line follower,soalnya mau tak buat TA gan
    hasanzainul18@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Wow that's a wonderfull blog having all details & helpful. BSI Power Cord

    ReplyDelete
  4. gan boleh minta layout sma programnnya nggak? buat belajar.... kirim ke mahesagumilang@gmail.com terimakasih :)

    ReplyDelete